Menggunakan Video Super Slow Galaxy S9 Series

Tidak ada komentar 146 views

Menggunakan Video Super Slow Galaxy S9 Series

Seperti yang kita ketahui, Samsung lewat flagship terbarunya, Galaxy S9 dan S9 Plus mengalami peningkatan yang cukup besar, terutama dalam sektor kamera. Untuk menjajal kehebatannya, Samsung telah mengundang beberapa media dalam sebuah acara “Make Everyday Moments Epic” yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat, (2 April – 4 April 2018).

Selain bisa menjajal duo flagship tersebut secara langsung, Samsung juga turut mengundang seorang fotografer profesional, David Soong dan Putri Anindya untuk memberikan beberapa tips dan trik seputra penggunaan fitur kamera yang ada pada Galaxy S9 dan S9 Plus, terutama dalam mode Super Slow-Mo 960 fps, low light camera dan penggunaan mode dual aperture.

Tips Memaksimalkan Super Slow-Mo 960 fps

Banyak momen luar biasa yang terjadi dalam keseharian kita, padahal momen tersebut dapat terlihat menakjubkan ketika tertangkap kamera, terutama saat menggunakan fitur Super Slow-Mo di Galaxy S9 Series.

Baik untuk Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus memiliki fitur dimana Anda dapat mengambil gerakan super lambat 960 fps dengan resolusi 720P. Gerakan yang diambil dalam waktu 0.2 detik tersebut akan dikonversikan menjadi sebuah video berdurasi 6 detik yang lebih dramatis. Agar hasilnya lebih maksimal, berikut adalah tips dan trik mengambil foto Super Slow-Mo di Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus yang bisa Anda praktekan.

1. Memperhatikan pencahayaan

belum memulai pengambilan video, pastikan Anda berada di ruangan dengan cahaya yang mencukupi. Karena faktor penting untuk menghasilkan sebuah video slow-mo terbaik adalah sumber pencahayaan. Jika Anda berada di luar ruangan dan kondisi cahaya matahari yang cukup terik, tentu video yang dihasilkan jauh lebih baik dibanding saat remang-remang. Khusus untuk pengambilan video dalam ruangan, sepertinya Anda juga membutuhkan cahaya tambahan agar hasilnya tidak gelap.

2. Memilih momen atau objek yang ingin diperlambat

Jika Anda berhasil mengatasi masalah pencahayaan, selanjutnya adalah mencari momen atau objek untuk dibuat lebih dramatis. Setidaknya ada sembilan momen keseharian yang bisa Anda kreasikan untuk menciptakan momen epic tersebut.

3. Menentukan mode

Samsung Galaxy S9 Series memiliki dua mode Super Slow-Mo yang bisa digunakan, antara lain Manual dan Otomatis. Pada mode Manual, Anda bisa mengambil adegan gerak lambat lewat sebuah tombol yang ada di sisi kanan kamera. Sedangkan di mode otomatis Anda hanya perlu menentukan area pengambilan gambar, kemudian saat ada gerakan unik di area tersebut, super slow-mo akan langsung berjalan.

Masih berhubungan dengan poin kedua, untuk menentukan mode yang digunakan tergantung dari obyek yang ingin Anda ambil. Contohnya saat adegan lambat ke air kolam renang, Anda bisa menggunakan mode otomatis dan mengatur area fokus ke air. Jadi saat model jatuh ke air, otomatis perekaman slow-mo akan dimulai.

4. Stabil

Tips merekam adegan Super Slow-Mo selanjutnya adalah tetap stabil dan minim gerakan. Untuk mengatasi goncangan yang terjadi berulang-ulang saat perekaman dimulai, Anda bisa memanfaatkan tripod smartphone yang dijual terpisah. Saat tripod terpasang dan dalam mode otomatis, kamera akan lebih mudah mengenali mana obyek yang harus diambil lebih lambat .

5. Dekat dengan obyek

Lebih dekat lebih bagus, kalimat tersebut mungkin bisa Anda jadikan acuan untuk menghasilkan video super slow-mo yang baik. Contoh video super lambat yang cocok untuk diambil dari jarak dekat adalah proses penyiraman yang dilakukan pengantin saat menikah, proses memasak dan proses meletusnya sebuah balon air yang jatuh.