Snapdragon 855 Kinerjanya Setara Otaknya iPhone X

Tidak ada komentar 104 views

Snapdragon 855 Kinerjanya Setara Otaknya iPhone X

Rumor yang beredar menyebutkan bahwa Qualcomm sedang menggarap Snapdragon 855 dan diperkirakan akan diperkenalkan di akhir tahun ini. Namun sudah muncul di Geekbench, chipset ini memiliki kinerja setara SoC milik Apple yang ada di dalam tubuh iPhone X.

Snapdragon 845 buatan Qualcomm jadi chipset yang begitu favorit digunakan oleh sejumlah pabrikan smartphone ternama. Sebut saja Samsung menggunakan chipset ini untuk Galaxy S9 dan S9+ yang dipasarkan di Amerika Serikat dan Cina.

Selain itu ada juga Xiaomi yang mengemas serangkaian smartphone kelas atasnya dengan otak Snapdragon 845. Tak mau ketinggalan, ASUS, LG, OPPO, OnePlus, Meizu dan beberapa pabrikan smartphone lainnya juga mengadopsi chipset yang sama.

Terakhir, Pocophone yang merupakan sub-brand dari Xiaomi pun memberanikan diri mengemas smartphone perdananya, Pocophone F1 dengan Snapdragon 845. Menariknya, smartphone ini dijual dengan harga ramah di kantong alias murah meriah.

Ya! Bisa dibilang Snapdragon 845 begitu menarik perhatian. Berbeda dengan chipset kelas atas lainnya, seperti Kirin 970 yang dibuat oleh Huawei atau Exynos 9810 yang dibuat oleh Samsung. Keduanya belum mampu menyaingi keperkasaan Snapdragon 845.

Sukses dengan hal itu, Qualcomm pun ingin menghadirkan generasi selanjutnya dari Snapdragon 845 yang disebut-sebut bakal datang dengan nama Snapdragon 855. Meskipun gosipnya masih dalam tahap pengembangan, baru-baru ini chipset yang diduga Snapdragon 855 telah muncul di Geekbench.

Memiliki nama sandi “msmnile”, chipset ini dipasangkan dengan RAM sebesar 6 GB dan menjalankan sebuah perangkat berbasis Android 9 Pie. Hasil pengujian multi-core mencapai 10.469 poin dan angka tersebut menunjukkan hasil yang sama seperti yang dicapai oleh SoC Apple A11 Bionic.

Hanya saja pada pengujian single-core, chipset masa depan buatan Qualcomm ini tidak dapat menandingi SoC milik Apple, namun juga tak terpaut jauh, yakni 3.697 poin. Melihat hal ini, sudah bisa dipastikan Apple tak akan tinggal diam. Tentu saja Tim Cook Cs akan membenahi SoC A12 yang sedang digarapnya.

Jika benar itu adalah Snapdragon 855, tentu saja chipset ini diperkirakan bakalan kembali populer di mata para produsen smartphone. Dengan begitu, persaingan smartphone kelas atas semakin menarik. Apalagi ditambah dengan kedatangan iPhone terbaru yang dipastikan akan menggunakan chipset “super ngebut”.

Namun tak sedikit yang meragukan bahwa “msmnile”bukan sebuah chipset yang ditujukan untuk smartphone. Diperkirakan, chipset ini akan muncul di perangkat Windows. Qualcomm dan Microsoft memang telah menjalin kemitraan, dan mungkin inilah chipset dari hasil kerja sama tersebut.

Lantas, kapan Snapdragon 855 akan diperkenalkan oleh Qualcomm? Jika melihat Snapdragon 845, Qualcomm memperkenalkan chipset tersebut pada akhir tahun 2017. Jadi tak tertutup kemungkinan, Snapdragon 855 pun akan diperkenalkan pada akhir tahun ini.